By On Tuesday, July 19 th, 2022 · no Comments · In ,

Pengabdian Masyarakat FFM Unhan RI

“Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja di SMA 1 Cibinong”

FFM Unhan RI berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyrakat dalam bentuk Penyuluhan mengenai Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja.

Saat ini penyalahgunaan narkoba bagi generasi penerus bangsa kian menghawatirkan. Survei dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2019 menunjukan 2,3 juta pelajar dan mahasiswa di indonesia pernah menggunakan atau mengkonsumsi narkoba. Angka ini setara dengan 3,2 % dari populasi kelompok tersebut. Jika hal ini terus dibiarkan dan tanpa pencegahan mungkin kita tidak akan bisa berharap kepemimpinan mereka dimasa yang akan datang. Pengunaan narkoba bagi pelajar juga mendapatkan perhatian dari skala global. The United Nation Office on Drugs and Crime (UNDOC) menemukan 275 juta orang dalam rentang usia 15 hingga 64 tahun pernah mengkonsumsi narkoba minimal sekali. Angka ini menjadi peringatan bahwa upaya untuk penanganaan masalah narkoba dikalangan pelajar dan mahasiswa tidak hanya dapat dilakukan secara masif saja tapi juga harus lebih agresif karna ini sangat berefek kepada keberlangsungan hidup bangsa. Melihat fenomena tersebut, maka jajaran civitas akademika Fakultas Farmasi Militer, Unhan RI berusaha mengambil peran dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada kalangan remaja terkait dengan bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM).

Kegiatan PkM ini dilaksanakan di SMAN 1 Cibinong. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta siswa kelas 12. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan pembacaan doa oleh MC, kemudian dilanjut dengan sambutan-sambutan. Materi yang pertama mengenai Vidio Edukasi Bahaya Merokok disampaikan oleh kadet FFM Unhan RI yakni F. Josse Pasca Pradana, Hisyam Nabil Najmuddin Al-Baariq, dan Oktavian Arya Putra. Lalu dilanjutkan pemaparan materi kedua tentang Pencegahan Narkoba di Kalangan Remaja yang disampaikan oleh Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Kabupaten Bogor, Bapak Eko Sumartono. Sesi pemaparan materi yang ketiga atau materi terakhir mengenai New Psychoactive Substance (NPS) disampaikan oleh Tesia Aisyah Rahmania, S.Si., M.Pharm.Sci dari Fakultas Farmasi Militer Unhan RI.  Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan sesi foto bersama peserta kegiatan. Kegiatan disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusiasme dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara.

Adapun hasil yang diharapkan dalam kegiatan pengabdian kali ini adalah terbentuknya kader Sekolah Bersinar di Kabupaten Bogor yang dapat mendukung program pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

 

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X