By On Saturday, September 03 rd, 2022 · no Comments · In

Hari Ke-1 : 2nd International Conference on Pharmaceutical Sciences and Military Pharmacy (ICOPMAP)

Bogor – Rektor Universitas Pertahanan RI Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD, ASEAN Eng., secara resmi membuka kegiatan 2nd International Conference on Pharmaceutical Sciences and Military Pharmacy (ICOPMAP) yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Militer, Universitas Pertahanan RI. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid (online dan offline). Sabtu dan Minggu (03-04/09/2022).

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Indonesia Ir. Budi Gunadi Sadikin, Menteri Bappenas yang diwakili oleh Pungkas Bahjuri Ali, S.TP, MS, Ph.D, dan FIP yang diwakili oleh Wakil Presiden Bidang  Militer dan Emergensi Farmasi Brigadier General Dato’ Dr. A Halim Basari sebagai keynote speakers.

Beberapa undangan yang hadir diantaranya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), International Pharmaceutical Federation (FIP), Defense Thread Reduction Agency (DTRA), Amerika Serikat, Inggris, Malaysia, Thailand, Filipina, dan kolaborator yang berasal dari industri farmasi nasional. Serta para tamu undangan diantaranya, Kepala RSPAD Gatot Subroto, Letjen dr. A. Budi Sulistya, Sp.THT-KL., M.A.R.S., Wakil Rektor, pejabat eselon I, dan II Unhan RI, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Prof. Dr. apt. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc., Kepala Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia, dan Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Perwakilan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Farmasi Universitas Mahidol, Fakultas Ilmu Farmasi Universitas Sains Malaysia, Fakultas Farmasi Universiti Kebangsaan Malaysia, Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, dan Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, Kepala Lembaga Biologi dan Vaksin TNI, Kepala Lembaga Farmai TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, serta Kepala Lembaga Biomedik, Direktur PT. Dexa Medica, PT. Bio Farma, PT. Kalbe Farma, PT Novell Pharmaceutical Laboratories, PT. Yakult Indonesia Persada, PT. Berca Niaga Medica, PT. Ditek Jaya, PT. Guardian Pharmatama dan PT. Gaia Science.

Rektor Unhan RI dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pembicara yang hadir pada konferensi ini keynote, plenary, dan invited speakers. Rektor Unhan RI menyampaikan bahwa semua pembicara akan memberikan wawasan yang sangat berharga dan bermanfaat untuk memperkuat ketahanan kesehatan dari hulu hingga hilir.  Rektor Unhan RI sangat berharap bahwa konferensi ini akan merangsang ide-ide baru, strategi, dan rencana aksi yang akan membawa kontribusi signifikan bagi kolaborasi farmasi dalam proses pemulihan dari hulu ke hilir untuk memperkuat ketahanan Kesehatan nasional.

Dinamika tantangan lingkungan strategis yang semakin kompleks, bergerak sangat cepat dan tidak dapat diprediksi. Menjawab dinamika ini, bangsa dan negara berupaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas baik dari segi keilmuan maupun kepribadian sebagai garda terdepan kedaulatan bangsa Indonesia. Pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas tentunya membutuhkan dukungan dan sinergi dari segenap komponen bangsa sesuai tugas dan fungsinya.

Lebih lanjut, sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan implementasi visi Presiden RI No.1 tentang pengembangan sumber daya manusia unggul Indonesia menuju 2045, maka Unhan RI berperan dan berkontribusi untuk menyiapkan serta membentuk SDM pertahanan berkualitas, unggul dan berwawasan kebangsaan yang dilandasi semangat bela negara melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Farmasi Militer, Unhan RI Prof. Dr. apt. Yahdiana Harahap, MS memberikan sambutan dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor dan kolaborator baik yang berasal dari universitas maupun industri farmasi yang telah memberikan dukungan demi mensukseskan kegiatan konferensi ini.

Lebih lanjut Prof Yahdiana menyampaikan, konferensi ini merupakan penjabaran dari komitmen kami terhadap pengembangan ilmu farmasi, farmasi klinis, dan farmasi militer. Konferensi ini juga bertujuan untuk menjalin kolaborasi dengan para akademisi, peneliti, dan praktisi baik dari industri farmasi, rumah sakit, dan komunitas farmasi baik pada skala nasional maupun internasional. Pada konferensi kali ini, Fakultas Farmasi Militer merasa beruntung dengan hadirnya keynote, plenary, dan invited speakers, serta presenter dan peserta yang mewakili ilmuwan farmasi dari lembaga terkemuka, universitas luar negeri, dan industri farmasi yang mencakup semua bidang ilmu kefarmasian sehingga kadet mahasiswa dan peserta konferensi memperoleh pengetahuan dan wawasan secara komprehensif.

Oleh karena itu, melalui ICOPMAP ke-2 ini, Fakultas Farmasi Militer Unhan RI tidak hanya mendapatkan pengakuan internasional tetapi juga berdampak lebih besar pada kualitas kehidupan bangsa. Dalam konferensi ICOPMAP ke-2 ini dihadirkan 3 keynote speaker, 17 plenary speaker, 17 invited speaker, 86 presenter oral dan poster, serta 336 peserta.

Dalam Pembukaan Konferensi ICOPMAP 2 FFM Unhan RI, Rektor Unhan RI didampingi oleh Wakil Rektor III Unhan RI, Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Suhirwan, S.T., M.MT., M.Tr.Opsla., CIQnR., CIQaR., IPU., ASEAN Eng., M.M., Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan RI Mayjen TNI Dr. Susilo Adi Purwantoro, S. E., M. M. Eng., M.Sc., CIQnR., CIQaR, Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan RI Laksamana Muda TNI Dr. Kasih Prihantoro, S.E., M.M., M.Tr.(Han)., Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan RI Mayjen TNI Dr. Ir. Pujo Widodo, S.E., S.H., S.T., M.A., M.D.S., M.Si., M.Si (Han), Dekan Fakultas Farmasi Militer Unhan RI, Prof. Dr. apt. Yahdiana Harahap, M.S, Dekan Fakultas Kedokteran Militer Unhan RI Dr. dr. Herqutanto, M.P.H., M.A.R.S, Dekan Fakultas MIPA Militer Unhan RI, Dr. Ir. Ence Darmo Jaya Supena, M.Si., KaLPPM Unhan RI, Laksma Dr. Ir, Nengah Putra A, M.Si.,  Karorenku Unhan RI, Brigadir Jenderal TNI Dr. Resmanto Widodo Putro, S.Sos., M.M., dan Kepala Biro Akademik Unhan RI, Kolonel Kes Dr.I Dewa Ketut Kertawidana., S.K.M., MKKK., CIQar. CiQnR, dan beberapa Wakil Dekan Program Sarjana dan Pascasarjana Unhan RI.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X